Expert System

“EASY MUSIC”

Latar belakang.
Seiring dengan berkembangnya industri musik baik di Indonesia maupun luar negeri, semakin banyak masyarakat khususnya dikalangan anak muda yang ingin mengekspresikan diri mereka dengan bermain musik. Namun, untuk pemula biasanya mereka dihadapkan pada sulitnya menentukan nada maupun chord yang ada pada sebuah lagu. Mulai menentukan letak Do hingga menentukan ketukan. Untuk itu, kami mencoba untuk membantu memecahkan masalah tersebut dengan expert system yang kami beri nama “Easy Music”. Dan diharapkan dengan adanya ini, tidak hanya anak muda yang dapat menikmatinya namun juga orang dewasa yang ingin belajar musik.

Penjelasan.
Easy Music ini dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan user. Untuk menjalankan expert system ini, seorang user cukup menginput sebuah lagu yang mereka inginkan untuk diproses, tentunya dalam format tertentu (mp3). Kemudian expert system akan bekerja untuk menentukan nada-nada yang ada pada sebuah lagu tersebut. Pada output akan ditampilkan letak Do(yang merupakan dasar penentuan nada dalam sebuah lagu), jumlah ketukan dan chord-chord yang ada. Selain itu pada expert system ini juga menyediakan pilihan untuk memilih chord-chord tersebut ditampilkan dalam format alat musik tertentu. Misalnya, seorang user menginginkan output dalam bentuk chord gitar, bisa juga untuk menampilkan dalam bentuk chord piano, dll.

Manfaat.
Melihat semangat anak muda yg selalu ingin berkarya di bidang musik, kami mempersembahkan “Easy Music” sebagai salah satu media untuk membantu para generasi muda yg ingin berkarya. Dengan adanya “Easy Music” ini, mereka tidak perlu susah-susah untuk mencari chord, ketukan, atau informasi lainnya melalui searching di internet atau mencari di buku-buku musik. Cukup dengan membuka aplikasi ini,maka hal yg ingin diketahui dapat terjawab dengan cepat.

Leave a comment